Jumat, 20 Desember 2013

REALISASI PROGRAM SAMISAKE

Sejak digulirkannya program Samisake tahun 2011 oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, hingga tahun 2013 ini telah berhasil menekan angka penduduk miskin hingga 5,29 persen dari 7,90 persen yang terdata.
Program Satu Milyar Satu Kecamatan –Samisake yang menjadi andalan Gubernur Hasan Basri Agus untuk menuntaskan Kemiskinan di Provinsi Jambi yang kini sudah masuk dalam tahun ketiga, menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah lain , bahkan beberapa Provinsi di Indonesia mengadopsi program tersebut untuk diterapkan di wilayahnya masing-masing.
Hal itu terungkap dalam  Rapat Koordinasi Program Samisake 2013 yang  dihadiri para Kepala Bapedda dan 101 Camat se-Provinsi Jambi Kamis (5/9) lalu di Bappeda Provinsi Jambi. Kepala Unit Pengelola Teknis Bappeda (UPTB) Provinsi Jambi, Edy Sukarno kepada RRI menyebut,  tidak sedikit provinsi lain yang belajar ke Jambi mengenai program ini. Misalnya, DPRD Provinsi Jawa Barat , Bangka Belitung, Bengkulu dan beberapa daerah lainnya sengaja datang ke Jambi untuk mempelajari program ini.
Edi Sukarno juga mengatakan,  Dalam laporan yang diterima pihak Bappeda terhadap program Samisake di Provinsi Jambi sudah ada 16 kecamatan  yang sudah menyelesaikan program bedah rumah. Dalam arti kata tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di 16 kecamatan tersebut. Meski demikian menurut Edi Sukarno bukan berarti kecamatan tersebut tidak mendapat kuncuran dana samisake tapi lebih difokuskan ke program lain seperti program pendidikan, peningkatan usaha-usaha ekonomi masyarakat.

Menurut Edi Sukarno, Rapat kordinasi Program Samisake 2013, membahas program dan evaluasi dan bagi camat yang yang tidak serius melaksanakan program akan dicari kendala dilapangan. Berdasarkan data sejak tahun 2011 digulirkannya program samisake hingga kini telah berhasil menekan angka penduduk miskin hingga 5,29 persen dari 7,90 persen yang terdata. (ES_7/9/13_06) 

Sumber : http://www.rrijambi.co.id/index.php/indeks-berita/politik-pemerintahan/396-realisasi-program-samisake

0 komentar:

Posting Komentar